Fenomena Tradisi Belajar Bahasa Arab Sejak Dini

Authors

  • Moh. Aziz Arifin Sekolah Tinggi Agama Islam Hidayatut Thullab Kediri
  • Yusnan Setiawan STAI Hidayatut Thullab Kediri

Abstract

Fenomena tradisi belajar bahasa arab sejak dini menjadi menarik dikaji karena suatu kebiasaan yang menjadi bekal untuk belajar bahasa arab lebih lanjut. Tujuan penelitian ini mengungkap fenomena tradisi belajar bahasa arab sejak dini sehingga tujuan yang dicapai setelah belajar mengetahui manfaat mempelajari dan bermanfaat pada jenjang pendidikan selanjutnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa fenomena belajar bahasa sejak dini sudah terlaksana dengan baik tetapi disisi lain tradisi ini masih belum berjalan lurus pada jenjang pendidikan lebih lanjut. Karena orang tua atau wali cenderung merasa cukup karena anak-anak sudah mampu membaca al qur’an dengan baik.

References

Abdul, Muin. Analisis Kontrastif; Bahasa Arab & Bahasa Indonesia –Telaah Terhadap Fonetik Dan Morfologi-. Jakarta: Pustaka al-Husna Baru, 2004.

Arifin, Moh. Aziz, Fahmi, Nurul. “Jurnal Abdimas Al Hidayah Vol 1 No 2 Edisi September 2023” 1, no. 2 (2023): 95–103.

Arifin, Moh Aziz, and Sukandar Sukandar. “Pentingnya Bahasa Arab Bagi Umat Islam Di Pedesaan.” Al’Adalah 24, no. 1 (2021): 11–17. https://doi.org/10.35719/aladalah.v24i1.44.

Aziz, Abd, Suhada, and Ahmad Masruri. “Aktivitas Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Psikologi Humanistik Carl R. Rogers.” El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak 2, no. 02 (2022): 64–78. https://doi.org/10.56872/elathfal.v2i02.831.

Clifford Geertz. Tafsir Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius, 1992.

Dal, Isti, Jurnal Studi, Hukum Islam, and Yol No. “ANTARA PENGUASAAI BAHASAARAB DAN PEMAHAMAN FIQH SALAT; Studi Korelasi Di Pesantren Amtsilati Jepara.” ISTI’DAL; Jurnal Studi Hukum Islam 2, no. 1 (2015): 85–94.

Fauziddin, Mohammad, and Mufarizuddin Mufarizuddin. “Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 2 (2018): 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76.

Handriawan, Dony. “Mempertegas Kembali Arah Pembelajaran Bahasa Arab.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 1 (2015): 43–64. https://doi.org/10.14421/almahara.2015.011-03.

Khoiruddin, Khoiruddin. “Pengenalan Bahasa Arab Melalui Nyanyian Pada Anak Usia Prasekolah Di PAUD Terpadu Ihyaul Ulum Puncu Kediri Jatim.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (2017): 12. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.27.

Malclom, Waters. Modern Sociological Theor. London: SAGE, 1994.

Muhbib Abdul Wahhab. Epistimologi & Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah, 2008.

Rizal, Muhammad, Syaribulan K, and Sitti Fatimah Tola. “Fenomena Calo Liar Diserahkan Sepenuhnya Kepada Suatu Perusahaan Daerah ( PD ) Di Bawah Naungan.” Journal Sociology of Education VI, no. 1 (2018): 53–63.

Syah, Imas. “PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA ASING TERHADAP ANAK USIA DINI.” JCE (Journal of Childhood Education) 2 (October 2019). https://doi.org/10.30736/jce.v1i2.14.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Arifin, M. A., & Setiawan, Y. (2023). Fenomena Tradisi Belajar Bahasa Arab Sejak Dini. Ta’lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(2), 69–73. Retrieved from https://www.ejournal.staihitkediri.ac.id/index.php/talim/article/view/60