Penbandingan Minat Dan Prestasi Belajar Antara Mahasiswa Berlatar Belakang Pendidikan Pesantren Dan Non Pesantren Di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
Abstract
Dalam dunia pendidikan, prestasi belajar banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor. Di antara berbagai faktor tersebut adalah Minat belajar untuk itu peneliti mengambil rumusan yaitu 1) Bagaimanakah Minat dan prestasi belajar mahasiswa yang latar belakang pondok pesantren? 2) Bagaimanakah Minat dan prestasi belajar mahasiswa yang latar belakang non pondok pesantren? 3) apakah terdapat perbedaan Minat dan prestasi belajar antara mahasiswa yang latar belakang pondok pesantren dan non pondok pesantren?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, dokumentasi, populasi peneliatian ini sekaligus di jadikan sampel sebanyak 110 adalah mahaiswa jurusan pendidikan bahasa arab Analisis data statistik dengan rumus t-test independent. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan yang signifikan antara Minat dan prestasi belajar mahasiswa yang berlatar belakang pondok pesantren dan non pondok pesantren. dengan perbandingan skor rata-rata Minat belajarnya 115,00 : 99,67, sementara perbandingan perbedaan tingkat prestasi belajarnya 81,86: 79,13. Hasil analisis perhitungan statistik melalui rumus t-test independent diperoleh hasil nilai Sig (2-tailed) untuk Minat sebesar 0,000 dan prestasi sebesar 0,004 yang lebih kecil dari pada nilai alpha 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan Minat dan prestasi belajar antara mahasiswa yang berlatar belakang pondok psantren dan non pondok pesantren di jurusan pendidikan bahasa arab IAIN Kediri.
References
Arifin, M. A. (2017). أثر الإدراك ورغبة التعلّم على إنجاز تعلّم اللغة العربية (دراسات متعدّد المواقع فى المدرسة الحكومية الثانوية الثانية كديرى و مدرسة المنار الثانوية عانجوك) (Doctoral dissertation, IAIN Tulungagung)
Abdul Munir Mulkan, Menggagas Pesantren Masa Depan .Yogyakarta: Qirtas, 2003.
Abdul Rahman Shaleh dan Muhbib Abdul Wahab, Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam .Jakarta: Prenada Media, 2005.
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar .Jakarta : Rineka cipta, 1991.
Ahmad Fadillah, “Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”, Mathline, 2 .Agustus, 2016.
Ahmad Fadillah, “Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”, Mathline, 2 .Agustus, 2016.
Alex Sobur, Psikologi Umum dan Lintas Sejarah .Bandung: CV Pustaka Setia, 2003.,
Ali Anwar, Pembaruan Pendidikan di Pesantren Lirboyo Kediri .Kediri: IAIT Perss 2008.
Anas Sujono, Pengantar Statistik Pendidikan .Jakarta: Raja Grafindo persada, 1994.
Chalidjah Hasan, Dimensi-dimensi Psikologi Pendidikan Surabaya: Al-Ikhlas, 1994.
Dar Yanto, Kamus Bahasa Indonesia Modern .Surabaya: Apollo,1994.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1994.
Haidar Putra Daulay, Historistis dan Eksistensi Pesantren Sekolah dan Madrasah .Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya, 2001.
Ibnu Hajar, Dasar-Dasar Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan .Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.
Imron Arifin, Kepemimpinan Kyai .Malang: Kalimasahada Press, 1993.
Indra Sakti, et. al., “Pengaruh Model Pembalajaran Langsung .Direct Instruction. Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu”, Exacta, X, .Juni 2012.
Irwanti Soeharto, Metodologi Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995.
Jalaludin Rahamat, Metode Penelitian Komparasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik .Bandung: Remaja Rosda karya, 1995.
John M Echols & Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia .an English- Indonesian Dictionary.. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2007.
M. Bahri Ghazali, Pesantren Berwawasan Lingkungan .Jakarta: CV. Prasasti, 2002.
M. Bahri Ghazali, Pesantren Berwawasan Lingkungan,
Mahfudh Shalahuddin, Pengantar Psikologi Pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu, 1990.
Manfred Ziemik, Pesantren dalam Perubahan Sosial .Jakarta: Perhimpunan Pengembangan Pesantrn dan Masyarakat .P3M.
Manfred Ziemik, Pesantren dalam Perubahan Sosial Jakarta: Perhimpunan Pengembangan Pesantrn dan Masyarakat .P3M., 1986.
Martin Van Bruinessen, Kitab Kuning Pesantren dan Tarekat .Bandung: Mizan, 1999.
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru .Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.
Mustaqim, Psikologi Pendidikan .Semarang: Pustaka Pelajar, 2004.
Nana Sudjana, Proses Belajar Mengajar . bandung : sinar baru algesindo.
Nini Subini dkk, Psikologi Pembelajaran .Yogyakarta: Mentari Pustaka, 2012.
Oemar hamalik, pendekatan baru strategi belajar mengajar berdasarkan CBSA .Bandung: Sinar Baru Algensindo,2000.
Oemar Hamalik,Psikologi Belajar Mengajar . Bandung: Sinar Baru Algesindo, 1992.
peraturan pemerintah nomor 37 tahun 2009 tentang dosen
Resi permanasari, rina moestika styaningrum, siti sundari, “model hubungan kompetensi profesionalisme dan kinerja dosem”, manajemen & perbankan, 2 september 201.
Saifuddin Azwar, Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
Sardiman A.M,Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar .Jakarta:Raja GrafindoPersada,2003.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya .Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003.,
Sugiyono, Statistik untuk Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D .Bandung: Alfabeta, 2009.
Sugiyono, Statistik untuk Penelitian. Bandung: Al-Fabeta, 2003.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek .edisi revisi. .Jakarta: Reneka Cipta, 2003.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta : Rhineka Cipta, 1998.
Suharsimi Arikunto,Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan .Jakarta: Bumi Aksara,1997.
Sutratinah Tirtonegoro, Anak Super Normal dan Program Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1987.
Syamsudduha dan Nursalam, “Partisipasi Politik Guru Dalam Pemilukada Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Guru Di Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan”, Auladuna, 2, .Juni 2014.
The Liang Gie, Cara Belajar Yang EfisienJilid II .Yogyakarta: Liberty Yogyakarta, 1995.
W. S Winkel, Psikologi Pengajaran, .Jakarta : Gramedia, 1999.
Wasty Soemanto, Psikologi Pendidikan .Jakarta: PT Rineka Cipta, 1998.
Wayan Nur Kancana dkk, Evaluasi Pendidikan, .Surabaya : Usaha Nasional, 1986.
Winfred F. Hill, Theoreis Of Learning, Diterjemahkan oleh M. Khozin. .Penerbit Nusa Media, Bandung: 2010.
Yudrik Jahja, Psikologi Perkembangan .Jakarta: Kencana, 2011.
Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 talim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.