Pemahaman Makna Ayat 32 Surah An-Nisa' Melalui Pendekatan Linguistik Dalam Pendidikan Bahasa Arab

Authors

  • Muhammad Nur Haris Asyrofi STAI Hidayatut Thullab Kediri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna ayat 32 Surah An-Nisa' melalui pendekatan linguistik dan mengaplikasikan hasil analisis tersebut dalam konteks pendidikan Bahasa Arab. Ayat ini menekankan pentingnya menerima perbedaan karunia yang diberikan oleh Allah kepada setiap individu dan menghindari rasa iri hati, serta mendorong setiap orang untuk memohon karunia-Nya. Dengan menggunakan metode penelitian pustaka (library research), penelitian ini mengkaji ayat tersebut dari aspek morfologi, sintaksis, semantik, dan pragmatik. Hasil analisis menunjukkan bahwa ayat ini mengandung pesan moral dan etika yang kuat tentang keadilan dan kesetaraan. Struktur linguistik ayat ini, mulai dari bentuk kata hingga hubungan antar kata dalam kalimat, mengungkapkan pesan yang mendalam tentang distribusi hak dan usaha individu. Analisis semantik dan pragmatik memperjelas makna kata kunci dan konteks penggunaan ayat, serta implikasi sosial-historis yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini juga membahas bagaimana hasil analisis linguistik ini dapat diaplikasikan dalam pengajaran Bahasa Arab. Strategi pengajaran yang diusulkan mencakup pengajaran vokabulari, latihan struktur kalimat, dan diskusi kontekstual yang mendalam. Dengan mengintegrasikan hasil analisis linguistik ayat Al-Quran dalam kurikulum, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa tidak hanya terhadap bahasa Arab tetapi juga terhadap nilai-nilai moral dan etika yang diajarkan dalam Al-Quran.

References

Abdul Majid, A. "Pendekatan Linguistik dalam Studi Al-Quran." Jurnal Studi Islam, vol. 12, no. 2, 2020, pp. 23-45.

Al-Quran.

Al-Qurtubi, Muhammad ibn Ahmad. Tafsir al-Qurtubi. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 2006.

Arifin, M. A., & Fahmi, N. (2023). Pedampingan Belajar Bahasa Arab Kepada Anak-Anak Desa Tegaron Prambon Nganjuk. Jurnal Abdimas Al Hidayah, 1(1), 19-26.

Arifin, M. A., & Fahmi, N. (2024). Pendampingan Membaca Bahasa Arab Pada Santri Madrasah Diniyah Al Hikmah Grogol Kediri. Jurnal Abdimas Al Hidayah, 2(2).

Arifin, M. A., & Setiawan, Y. (2023). Fenomena Tradisi Belajar Bahasa Arab Sejak Dini. Ta’lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(2), 69–73.

Ibnu Katsir, Ismail. Tafsir Ibnu Katsir. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1998.

Jalaluddin al-Mahalli dan Jalaluddin as-Suyuti. Tafsir Jalalayn. Kairo: Dar al-Hadith, 2007.

Nurhayati, S. "Implikasi Analisis Semantik pada Pengajaran Bahasa Arab." Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, vol. 9, no. 1, 2019, pp. 67-80.

Rahmawati, L. "Pendekatan Pragmatik dalam Penafsiran Al-Quran." Jurnal Linguistik Islam, vol. 5, no. 3, 2021, pp. 112-129.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Asyrofi, M. N. H. (2024). Pemahaman Makna Ayat 32 Surah An-Nisa’ Melalui Pendekatan Linguistik Dalam Pendidikan Bahasa Arab. Ta’lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 3(2), 85–89. Retrieved from https://www.ejournal.staihitkediri.ac.id/index.php/talim/article/view/115