Pendidikan Spiritual Dalam Pandangan Hamka

Authors

  • Moh Khorofi Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Keywords:

PENDIDIKAN, SPIRITUAL, HAMKA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan HAMKA tentang pendidikan spiritual, dan bagaimana tahap perkembangan anak dalam beragama. Hal ini didasari oleh urgensi kecerdasan spiritual dalam memaksimalkan tiga macam kecerdasan anak, yaitu kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan emosional. Kecerdasan spiritual telah difahami oleh kebanyakan orang sebagai control terhadap aktualisasi individu dalam memanfaatkan kecerdasan intelektual atau akal yang dimiliki, sehingga dalam penelitian ini optimalisasi kecerdasan spiritual perlu diperhatikan. Jenis penelitian yang penulis gunakan ini adalah penelitian pustaka (library research). penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan karakteristik library research, dan metode analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analisys). Adapun dalam penelitian ini diketahui bahwa: 1) tahap perkembangan anak dalam beragama secara berurutan terdiri dari: pertumbuhan pikiran dan mental, perkembangan perasaan, perkembangan social, perkembangan moral, sikap dan minat, dan ibadah. 2) kebahagiaan menurut yang hakiki menurut HAMKA merupakan integrase dari lima hal, yaitu: kebahagiaan akal, kebahagiaan perasaan, kebahagiaan keluarga, kebahagiaan karir, dan kebahagiaan spiritual.

References

Anshari, Endang Saifuddin, Wawasan Islam: Paradigma dan Sistem Islam, (Jakarta: Rajawali, 1991).

HAMKA, Falsafah Hidup (Jakarta: Republika Penerbit, 2019).

HAMKA, Tasawuf Modern (Jakarta: Republika Penerbit, 2015).

Hangestiningsih, Endang, Heri Maria Zulfiati, Arif Bintoro Johan, Diktat Pengantar Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. ( Yogyakarta : ?, 2015).

Hidayat, Otib Satibi, Metode Penge mbangan Moral Dan Nilai-Nilai Agama, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2008).

Jalaluddin, Psikologi Agama: Sebuah Pengantar, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003).

Ramayulis, Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: Kalam Mulia, 2007).

Russerl, Betrand, Sejarah Filsafat Barat: Kaitannya dengan Kondisi Sosio-Politik Zaman Kuno Hingga Sekarang, ed. oleh Sigit Jatmiko dkk, keempat (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016).

W. Crapps, Robert, Dialog Psikologi dan Agama, (Yogyakarta: Kasinus, 1993).

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Khorofi, M. (2023). Pendidikan Spiritual Dalam Pandangan Hamka. Ta’lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(2), 101–109. Retrieved from https://www.ejournal.staihitkediri.ac.id/index.php/talim/article/view/92