Model Pembelajaran Morfologi Isim Musytaq Dalam Kitab Al-Taqrib Pada Santri Pondok Pesantren Al-Masyithoh Manbail Futuh Beji Jenu Tuban
Abstract
Dalam mempelajari bahasa Arab tidak terlepas dari ilmu-ilmu kebahasaan termasuk sintaksis, morfologi, semantic, dan fonologi. Substansi kajian ilmu morfologi membahas tentang bentuk-bentuk kata. Perubahan dan pemalingan kata inilah yang disebut dengan At-Tashrif. Hasil dari At-Tashrif inilah yang menghasilkan wazan atau timbangan yang kemudian menjadi standar dalam pembentukan kata dalam bahasa Arab. Penelitian ini membahas tentang metode pembelajaran morfologi Isim Musytaq dalam kitab al-Taqrib pada santri Pondok Pesantren Al-Masyithoh Manbail Futuh dengan model pembelajaran atau metode Sorogan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui Bagaimana Model Pembelajaran Morfologi Isim Musytaq dalam kitab Taqrib pada santri dengan metode Sorogan. (2) Untuk Mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pembelajaran Morfologi Isim Musytaq dengan metode sorogan. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode studi kasus. Dengan instrumen observasi dan wawancara Hasil penelitian ini yaitu: (1) Pembelajaran Morfologi Isim Musytaq menggunakan kitab al-Taqrib menggunkan metode sorogan dilaksanakan setelah shalat shubuh, dan metode sorogan hanya khusus santri kelas sorogan. (2) Tujuan Pembelajaran Morfologi dengan metode sorogan yakni untuk meningkatkan kemampuan santri dalam memahami fenomena morfologi bahasa arab yang ada pada kitab kuning maupun dalam al-Qur’an. (3) Faktor Pendukung dan penghambat. (4) Faktor kelebihannya pengajar langsung bisa memahami kemampuan masing-masing santri.
References
Ahmad, Mas Tajuddin, “Isytiqaq Perspektif Aliran Basrah dan Kufah” Indonesian Journal of Arabic Studies, vol. 2, Issue. 1, May 2020.
Al-Ghalayaini, Musthafa, (1998) Jami’al-Durus al-Arabiyah, Beirut: Dar al-Fikr.
Al-Ghazi, Ibn Qâsim, (2005) Fathul Qarîb, Beirut: Dar Ibn Hazm.
Arikunto, Suharsimi, (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Chaqoqo, Sri Guno Najib, “Evaluasi Pembelajaran Nahwudalam Bentuk Munaqasyahdi PP Al-Luqmaniyyah Yogyakarta”, Lisania: Journal of Arabic Education and Literature Vol. 1, No. 1 2017.
Hidayat, Nandang Sarip, Problematika Pembelajaran Bahasa Arab, Journal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1 Januari-Juni 2012
Lubis, Ali Asrun,”Study tentang isim musytaq”, Jurnal Thariqah Ilmiah, vol. 1, No. 01 Januari 2014.
Masyitho, Dewi,” Proses Morfologi Isim Musytaq dan Maknanya Dalam Kitab Fathul Qorib”,Skripsi, Universitas Negeri Malang,2020.
Moleong Lexy J., (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhajirunnajah, “Penerapan Pembelajaran Shorof Bagi Pembelajar Tingkat Pemula Menggunakan Metode Pemerolehan Bahasa”, jurnal al Mahāra Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 5, No. 1, Juni 2019/1440H.
Nahidhislami Muh., “Luasnya Bahasa Arab”, Artikel, Diakses Pada 12 Januari 2023, http://www.kompasiana.com,
Putri, “TAQRIB”, Artikel, Diakses pada 2 Nopember 2023, https://id.wikipedia.org/wiki/Safinatun_Najah.
Reza, Muhammad, “Manfaat Mempelajari Ilmu Saraf”, artikel, Diakses pada 1 Nopember 2023 https://www.mandandi.com/2019/06/manfaat-mempelajari-ilmu-sharaf.html.
Suja’, Abu, (1996) Matan al-Ghâyah wa at-Taqrîb, Beirut: Dar el-Masyâri’.
Sukmadinata, (2005) Nana Syaodih, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syukron, Muhammad, (2018) As Sharful Mukhtar, Rembang: Maktabah al-Anwariyah.
Wahab, Muhbib Abdul, (2008) Epistimologi dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Jakarta: UIN Jakarta Pers.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.