Pengaruh Penerapan Media Spinning Wheel Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Mufradat Bahasa Arab Pada Peserta Didik Kelas VII MTS Al-Madany Gadingwatu Menganti Gresik
Abstract
Permasalahan yang sering muncul pada proses pembelajaran bahasa Arab di MTs Al-Madany Gadingwatu Menganti Gresik antara lain kesulitan dalam menghafal mufradat dan merasa bosan ketika menghafalkan mufradat bahasa Arab. Maka diperlukan adanya media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menghafal mufradat bahasa Arab peserta didik. Oleh karena itu, penulis merasa penelitian ini perlu dilakukan.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka dapat dikemukakan beberapa rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana penerapan media spinning wheel dalam meningkatkan kemampuan menghafal mufradat bahasa Arab pada peserta didik kelas VII MTs Al-Madany Gadingwatu Menganti Gresik tahun pelajaran 2023/2024? 2. Apakah ada pengaruh media spinning wheel dalam meningkatkan kemampuan menghafal mufradat bahasa Arab pada peserta didik kelas VII MTs Al-Madany Gadingwatu Menganti Gresik tahun pelajaran 2023/2024?
Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui penerapan media spinning wheel dalam meningkatkan kemampuan menghafal mufradat bahasa Arab pada peserta didik kelas VII MTs Al-Madany Gadingwatu Menganti Gresik tahun pelajaran 2023/2024. Mengetahui apakah ada pengaruh media spinning wheel dalam meningkatkan kemampuan menghafal mufradat bahasa Arab pada peserta didik kelas VII MTs Al-Madany Gadingwatu Menganti Gresik tahun pelajaran 2023/2024. Dan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan instrument observasi, dokumentasi, tes, populasi dan sample.
References
Aparizal, Ambo Pera, Urgensi Pembelajaran bahasa Arab dalam Pendidikan Islam, Jurnal: Pendidikan Guru, Vol. 2 No. 2, 2021.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Raneka Cipta, 2013.
Arifin, M. A., & Rosidi, A. W. (2023). Pengaruh kecerdasan intelektual terhadap keterampilan membaca di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 12(1), 117-126.
Arifin, M. A., & Fahmi, N. (2023). Pedampingan Belajar Bahasa Arab Kepada Anak-Anak Desa Tegaron Prambon Nganjuk. Jurnal Abdimas Al Hidayah, 1(1), 19-26.
Arifin, M. A., Ibrahim, F. M. A., & Machmudah, U. (2024). The Impact of Using a Communicative Approach to Improve Arabic Language Proficiency. EDUCATIO: Journal Of Education, 8(1), 94-107.
Arifin, M., Ibrahim, F. M. A., & Machmudah, U. (2025). The importance of proficiency in Arabic speaking skills in Islamic Universities (أهميةإتقان مهارات الكلام بللغة العربيةفي الجامعات الإسلامية). Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 6(1), 95-105.
Mun’im, Abdul, Analisis Kontransif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia, PT Pustaka Al Husna Baru: Jakarta 2014.
Sukiman, Dadang, Microteaching, cet. 1; Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia, 2009.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.