Implementasi dan Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di SMP Islam Nurul Mutaallimin Bajur Pamekasan

Authors

  • Megawati Fajrin Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Keywords:

Implementasi, Pembentukan Karakter, Akidah Akhlak

Abstract

Masa remaja menjadi tahapan pertama yang sangat penting bagi tumbuh kembang seorang pelajar, dan hal ini dalam hal ini fenomena yang berkemabnag adalah karakter siswa/ peserta didik sedang mengalami dekadensi moral. diantaranya pergaulan bebas, ugal-ugalan, narkoba dll. Dalam hal ini SMP dalam mata pelajaran aqidah akhlak memiliki peran besar dalam menannggulangi hal tersebut, khususnya dalam nilai-nilai keislaman. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di SMPI Nurul Mutaallimin Bajur Pamekasan. Pegumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaa implementasi pembentukan karakter dalam mata pelajaran aqidah akhlak adalah ) membuat dan merancang perencanaan pembelajaran seperti RPP, Silabus, dalam hal ini desain yang digunakan pula harus sesuai dengan kondisi peserta didik (2), Penerapan pembentukan karakter pada mata pelajaran akidah akhlak adalah mengacu pada aturan tat tertib di sekolah tersebut, salah satuya dalam proses pembelajaran yang juga mengacu pada KKM sekolah,(3), Eevaluasi dalam pembentukan karakter ini berupa ujian, tugas harian, UTS, UAS yang mengacu pada ketuntasan kriteria minimal (KKM). (4) Peran guru dalam implementasi pembentukan karakter dalam mata pelajaran akidah akhlak itu sangat kuat sebab memang masih dalam lingkup pesantren yang menjungjung tinggi adab kepada guru.

References

Kesuma, dkk, Pendidikan Karakter kajian terori dan praktik di sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011

Kusuma Doni, Pendidikan Karakter Integral, Yogyakrta: Gavin Kalam Utama. 2011

Kususmatuti adhi, dkk, Metode Penelitian Kualitatif Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo: 2019

Pusat Kurikulum Balitbang Kemdiknas, Pengembangan dan Pendidikan Budaya dan Karakter Bnagsa, Pedoman Sekolah Jakarta: Puskur Balitbang Kemdiknas .2009

Samani Muchlas, dkk. Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Rosdakarya, 2011

Soejatmoko. Menjadi Bangsa yang Terdidik Jakarta: Kompas Media Nusantara, 2010

Sukarta.Perkembangan Dan Pendidikan Anak Atau Peserta Didik Dalam Tinjauan Psikilogi Islam (Psikologi Pendidikan Islam) (materi Perkuliahan Psikologi pendidikan islam, IAIN Mataram, 10/2013.

Surakhmad Winarno, Dkk. Mengurai Benang Kusut Pendidikan Gagasan Para Pakar Pendidkan Jakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2003

Syaodih Nana, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Rosdakarya, 2007

Utomo Dananjaya, Media Pembelajaran Aktif, Jakarta: Nuansa: 2010

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Fajrin, M. (2023). Implementasi dan Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di SMP Islam Nurul Mutaallimin Bajur Pamekasan. Ta’lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(2), 110–115. Retrieved from https://www.ejournal.staihitkediri.ac.id/index.php/talim/article/view/93