Implementasi dan Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di SMP Islam Nurul Mutaallimin Bajur Pamekasan
Keywords:
Implementasi, Pembentukan Karakter, Akidah AkhlakAbstract
Masa remaja menjadi tahapan pertama yang sangat penting bagi tumbuh kembang seorang pelajar, dan hal ini dalam hal ini fenomena yang berkemabnag adalah karakter siswa/ peserta didik sedang mengalami dekadensi moral. diantaranya pergaulan bebas, ugal-ugalan, narkoba dll. Dalam hal ini SMP dalam mata pelajaran aqidah akhlak memiliki peran besar dalam menannggulangi hal tersebut, khususnya dalam nilai-nilai keislaman. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di SMPI Nurul Mutaallimin Bajur Pamekasan. Pegumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaa implementasi pembentukan karakter dalam mata pelajaran aqidah akhlak adalah ) membuat dan merancang perencanaan pembelajaran seperti RPP, Silabus, dalam hal ini desain yang digunakan pula harus sesuai dengan kondisi peserta didik (2), Penerapan pembentukan karakter pada mata pelajaran akidah akhlak adalah mengacu pada aturan tat tertib di sekolah tersebut, salah satuya dalam proses pembelajaran yang juga mengacu pada KKM sekolah,(3), Eevaluasi dalam pembentukan karakter ini berupa ujian, tugas harian, UTS, UAS yang mengacu pada ketuntasan kriteria minimal (KKM). (4) Peran guru dalam implementasi pembentukan karakter dalam mata pelajaran akidah akhlak itu sangat kuat sebab memang masih dalam lingkup pesantren yang menjungjung tinggi adab kepada guru.
References
Kesuma, dkk, Pendidikan Karakter kajian terori dan praktik di sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011
Kusuma Doni, Pendidikan Karakter Integral, Yogyakrta: Gavin Kalam Utama. 2011
Kususmatuti adhi, dkk, Metode Penelitian Kualitatif Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo: 2019
Pusat Kurikulum Balitbang Kemdiknas, Pengembangan dan Pendidikan Budaya dan Karakter Bnagsa, Pedoman Sekolah Jakarta: Puskur Balitbang Kemdiknas .2009
Samani Muchlas, dkk. Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Rosdakarya, 2011
Soejatmoko. Menjadi Bangsa yang Terdidik Jakarta: Kompas Media Nusantara, 2010
Sukarta.Perkembangan Dan Pendidikan Anak Atau Peserta Didik Dalam Tinjauan Psikilogi Islam (Psikologi Pendidikan Islam) (materi Perkuliahan Psikologi pendidikan islam, IAIN Mataram, 10/2013.
Surakhmad Winarno, Dkk. Mengurai Benang Kusut Pendidikan Gagasan Para Pakar Pendidkan Jakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2003
Syaodih Nana, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Rosdakarya, 2007
Utomo Dananjaya, Media Pembelajaran Aktif, Jakarta: Nuansa: 2010
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.