Penerapan Model Kooperative Learning Tipe Take And Give Pada Pembelajaran IPS Paket B Dalam Menuju Kurikulum Merdeka Belajar Di PKBM Among Warga Tahun 2022

Authors

  • Lutfi Dian Niaga PKBM AMONG WARGA KEC. SEMEN

Abstract

Pendidikan non-formal paket B merupakan pendidikan kesetaran yang diperuntukkan bagi mereka yang tidak memiliki kesempatan mengenyam pendidikan formal di SMP. Pembelajaran yang diselenggarakan pada kesetaraan Paket-B harus dapat memenuhi kebutuhan warga belajar. Muatan pembelajaran atau mata pelajaran yang diberikan tidak jauh berbeda dengan pembelajaran yang ada disekolah formal. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) salah satu subjek pembelajaran yang diberikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melatih dan memberikan pengalaman belajar dalam pembelajaran dibutuhkan metode atau model pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Hal tersebut terbukti dengan Penerapan Model Kooperative Learning Tipe Take And Give mampu Menuju Merdeka Belajar di Warga Belajar Paket-B Pkbm Among Warga Tahun 2022

References

Arifin, M. A (2021) تعليم اللغة العربية المعاصر من خلال مدخل هيكلي ومدخل مهارات عملية بمعهد الاسلامى هداية الطلاب فطوء سمين كديري. Al-Tadris: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 9(2), 308-332.‎

Pusat Balitbang, Kurikulum Paket-B, Dirjen PAUD DAN DIKMAS, Jakarta, 2017

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/Memahami-Metode-Penelitian-Kualitatif.html

https://penerbitdeepublish.com/metode-penelitian-kualitatif/

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA

(https://www.berkasedukasi.com/2020/10/modul-ips-paket-b-setara-smp-mts.html )

https://www.mingseli.id/2020/10/model-pembelajaran-take-and-give.html

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Niaga, L. D. (2022). Penerapan Model Kooperative Learning Tipe Take And Give Pada Pembelajaran IPS Paket B Dalam Menuju Kurikulum Merdeka Belajar Di PKBM Among Warga Tahun 2022. Ta’lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(2), 96–104. Retrieved from https://www.ejournal.staihitkediri.ac.id/index.php/talim/article/view/13