https://www.ejournal.staihitkediri.ac.id/index.php/alhidayah/issue/feedJurnal Abdimas Al Hidayah2025-06-12T10:28:38+07:00M.A Arifinazizarifin@staihitkediri.ac.idOpen Journal Systems<p>Jurnal Abdimas Al Hidayah merupakan jurnal yang memuat multidisiplin ilmu dari hasil pengabdian masyarakat</p>https://www.ejournal.staihitkediri.ac.id/index.php/alhidayah/article/view/102Pendampingan Membaca Bahasa Arab Pada Santri Madrasah Diniyah Al Hikmah Grogol Kediri2025-01-11T10:15:58+07:00Moh. Aziz Arifinazizarifin@staihitkediri.ac.idNurul Fahmiazizarifin@staihitkediri.ac.id<p>Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan imlementasi program pendampingan membaca bahasa arab pada santri madrasah diniyah al hikmah di wilayah grogol kabupaten Kediri. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membimbing anak agar memiliki keterampilan berbahasa arab khususnya membaca. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dalam artikel ini menggunakan metode langsung, hal ini untuk mempermudah dan proses pengumpulan data serta pelaksanaannya. Adapun hasil pengabdian kepada mayarakat adalah pada tahap perencanaan masih perlu perisiapan lebih lanjut, untuk pelaksanaan secara umum sudah berjalan dengan baik dan lancar namun dengan persiapan yang minim jadi perlu ada perbaikan kedepannya.</p>2024-10-11T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Abdimas Al Hidayahhttps://www.ejournal.staihitkediri.ac.id/index.php/alhidayah/article/view/98Penyusunan Modul Ajar sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMPI Brawijaya Mojokerto2024-11-16T14:06:09+07:00Khoirunnisail Fitriyahnisakstaisam@gmail.comNur Arofah Tis’inaarofahshofiyur0401@gmail.com<p>Kualitas pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan sangat dipengaruhi oleh ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan kurikulum yang diterapkan. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPI Brawijaya Mojokerto melalui pendampingan dalam penyusunan modul ajar yang sistematis dan relevan. Kegiatan pendampingan dilakukan dengan metode pelatihan, diskusi, dan bimbingan langsung kepada para guru dalam menyusun modul ajar berbasis kurikulum terkini dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru dalam menyusun modul ajar yang sesuai dengan standar pembelajaran, serta kemampuan mengintegrasikan berbagai sumber belajar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Selain itu, modul ajar yang dihasilkan lebih mudah dipahami oleh siswa dan berpotensi meningkatkan motivasi serta capaian belajar. Program ini diharapkan dapat berkelanjutan dan menjadi model bagi sekolah lain dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran melalui penyusunan bahan ajar yang tepat dan efektif</p>2024-12-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Abdimas Al Hidayahhttps://www.ejournal.staihitkediri.ac.id/index.php/alhidayah/article/view/110Pendampingan Penguatan Fiqih Pada Jamaah Masjid Darunnajah Desa Selopanggung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri2025-04-28T12:41:40+07:00Yusnan Setiawanyusnan.setiawan@staihitkediri.ac.idAhmad Hanifuddinyusnan.setiawan@staihitkediri.ac.idAhmad Rifqi Imdad Ayusnan.setiawan@staihitkediri.ac.idAziz Firmansyahyusnan.setiawan@staihitkediri.ac.idDito Oktaviantoyusnan.setiawan@staihitkediri.ac.idFawaz Najib Myusnan.setiawan@staihitkediri.ac.idFajar Siddiqyusnan.setiawan@staihitkediri.ac.idJauharul Muhyiddinyusnan.setiawan@staihitkediri.ac.id<p><em>Fiqih merupakan bidang ilmu yang penting dalam agama islam, sebab dari fiqih kita bisa mengetahui bagaimana hukum-hukum syariat dalam islam, sedangkan selain sebagai tempat ibadah masjid juga merupakan salah satu tempat belajar agama islam – dalam hal ini bisa juga tentang fiqih – baik secara langsung ataupun tidak langsung. Dan hal ini juga yang dilakukan oleh masyarakat jamaah masjid darunnajah desa selopanggung kecamatan semen kabupaten kediri. Dari dua hal ini maka dilakukanlah pendampingan penguatan fiqih pada masjid darunnajah desa selopanggung dengan menggunakan kitab safinatunnaja. Dan metode yang digunakan dalam pendampingan ini adalah metode ceramah. Disimpulkan dari pendampingan penguatan fiqih jamaah merasa semakin paham tentang kajian fiqih utamanya pada materi thoharoh, sholat, puasa dan zakat</em></p>2025-04-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Abdimas Al Hidayahhttps://www.ejournal.staihitkediri.ac.id/index.php/alhidayah/article/view/101Efektivitas Metode Pembelajaran Aswaja pada Taman Pendidikan Al- Qur'an (TPQ) Chusnul Khotimah di Desa Randubango Kecamatan Mojosari Mojokerto2024-12-24T20:42:45+07:00Mas’ulil Munawarohmunawaroh1303@gmail.com<p><em>Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode pembelajaran Aswaja pada Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Chusnul Khotimah di Desa Randubango, Kecamatan Mojosari, Mojokerto. Metode pembelajaran Aswaja di TPQ ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai ajaran Islam yang moderat, toleran, dan berlandaskan prinsip-prinsip Aswaja (Ahlussunnah wal Jamaah). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Aswaja yang diterapkan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai agama dan memperkuat karakter moderasi beragama. Temuan ini juga memberikan kontribusi dalam pengembangan model pembelajaran di TPQ yang relevan dengan kebutuhan moderasi beragama di era kontemporer.</em></p>2024-10-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Abdimas Al Hidayahhttps://www.ejournal.staihitkediri.ac.id/index.php/alhidayah/article/view/114Pembinaan Baca Al-Qur’an Anak-Anak Desa Tegaron Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Melalui Pendekatan Tajwid Dan Makhraj Yang Tepat2025-06-12T10:28:38+07:00Istiqomah Almunawarohnurrohmatul@staihitkediri.ac.idSilviah Fitri Handayaninurrohmatul@staihitkediri.ac.idSiti Khotijah Nuraininurrohmatul@staihitkediri.ac.idNurrohmatul Jannahnurrohmatul@staihitkediri.ac.id<p><em>Kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar merupakan aspek penting dalam pembentukan karakter religius anak sejak usia dini. Namun, di Desa Tegaron, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk, masih banyak anak-anak yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an karena lemahnya penguasaan tajwid dan makhraj. Berdasarkan kondisi tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an anak-anak melalui pendekatan yang menekankan pada penguasaan tajwid dan makhraj secara praktis dan bertahap. Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif untuk mendeskripsikan permasalahan dan fokus penelitian. Pendekatan deskriptif adalah Pendekatan yang tidak menggunakan dasar kerja statistik, tetapi berdasarkan bukti-bukti kualitatif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca Al-Qur’an anak-anak, baik dari segi ketepatan pelafalan huruf hijaiyah maupun penerapan hukum tajwid dasar. Selain itu, kegiatan ini juga berhasil meningkatkan antusiasme belajar dan melibatkan orang tua dalam proses pembinaan keagamaan anak. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan tajwid dan makhraj yang tepat, jika diterapkan secara konsisten dan partisipatif, mampu menjadi solusi efektif dalam pembinaan baca Al-Qur’an anak-anak di lingkungan pedesaan</em></p>2024-12-31T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Abdimas Al Hidayah