Penyusunan Modul Ajar sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMPI Brawijaya Mojokerto

Authors

  • Khoirunnisail Fitriyah STAI Sabilul Muttaqin
  • Nur Arofah Tis’ina STAI Sabilul Muttaqin Mojokerto

Abstract

Kualitas pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan sangat dipengaruhi oleh ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan kurikulum yang diterapkan. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPI Brawijaya Mojokerto melalui pendampingan dalam penyusunan modul ajar yang sistematis dan relevan. Kegiatan pendampingan dilakukan dengan metode pelatihan, diskusi, dan bimbingan langsung kepada para guru dalam menyusun modul ajar berbasis kurikulum terkini dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru dalam menyusun modul ajar yang sesuai dengan standar pembelajaran, serta kemampuan mengintegrasikan berbagai sumber belajar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Selain itu, modul ajar yang dihasilkan lebih mudah dipahami oleh siswa dan berpotensi meningkatkan motivasi serta capaian belajar. Program ini diharapkan dapat berkelanjutan dan menjadi model bagi sekolah lain dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran melalui penyusunan bahan ajar yang tepat dan efektif

Downloads

Published

2024-12-24